• Tips Perawatan Mesin Mobil Agar Awet dan Selalu Prima

    Tips Perawatan Mesin Mobil Agar Awet dan Selalu Prima

    Mobil kali ini sudah bukan menjadi barang mewah, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam menunjang aktifitas dan mobilitas keseharian. Dengan demikian, pastinya pemilik mobil tidak ingin mobilnya mengalami permasalahan, terutama pada bagian mesin. Maka, pemilik wajib melakukan perawatan atau servis secara berkala pada bengkel resminya atau pada bengkel kepercayaan Anda. Lalu, bagaimana cara perawatan yang tepat? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips perawatan mesin mobil yang pemiliknya dapat dengan mudah dan cepat melakukannya. Buka kap mesin, dan kerjakan item-item berikut ini dalam beberapa menit saja. Berikut ulasan lengkapnya.

    Pemeriksaan oli mesin

    Siapkan tisu atau kain lap bersih. Tarik dipstick oli mesin, kemudian bersihkan ujungnya dengan tisu, lalu masukkan kembali hingga penuh. Setelah itu cabut ulang dipstick oli mesin dan lihat permukaan oli yang tertinggal diujung dipstick oli. Pastikan volume oli berada diantara tanda L (low) dan F (full). Perhatikan juga kondisi kekentalan dan warna oli mesin. Jika terlalu kental dan warnanya sudah tidak jernih, hal tersebut menandakan oli mesin sudah waktunya untuk diganti. Setelah itu kembalikan dipstick ke posisinya dengan benar.

    Pemeriksaan cairan pendingin

    Lihat tingkatan permukaan cairan pendingin yang ada di dalam tanki cadangan. Ketika mesin masih dingin, pastikan permukaan masih diatas garis lower. Sebaliknya, jika pemeriksaan dilakukan pada saat kondisi mesin masih panas, ada kalanya tingkatan permukaan cairan pendingin mendekati diatas garis upper. Hal tersebut normal, dikarenakan pemuaian cairan pendingin ketika mesin panas. Jika cairan pendingin tersebut berkurang dalam jumlah banyak atau kosong, dimungkinkan ada kebocoran pada sistem pendinginan.

    Pemeriksaan baterai

    Lakukan pengecekan cairan elektrolit baterai dari sudut samping kotak baterai. Mengenai jumlah cairan sewajarnya berada diantara garis upper dan lower. Jika kotak baterai telah mulai kusam, cara kali ini bisa jadi kurang berhasil. Gunakan senter dan lihat dari sisi samping, untuk mengetahui tingkat cairan elektrolit baterai. Jika cairan kurang, dapat diisi kembali dengan air suling atau cairan coolant. Jangan pakai aki zu’ur untuk menambahkan cairan ini. Periksa juga bahwa terminal baterai kencang dan tidak kotor.

    Jumlah minyak rem

    Cek secara visual pada tanki minyak rem, pastikan minyak rem pada permukaan diantara tanda maksimal dan minimal. Perhatikan pula apakah minyak rem cukup jernih atau sudah mulai agak gelap. Warna yang telah berubah mengindikasikan bahwa minyak rem telah waktunya untuk dilakukan penggantian. Level permukaan fluida rem yang tidak wajar (cepat berkurang dari pengecekan sebelumnya) mengindikasikan adanya kebocoran pada sistem rem. Segera bawa mobil ke bengkel untuk segera diperbaiki.

    Ketegangan dan keretakan tali kipas

    Lihat secara visual pada tali kipas. Perhatikan apakah tampak ada cacat seperti retak dan sebagainya, khususnya pada sisi dalam. Jika terjadi Keretakan pada tali kipas, hal tersebut menandakan bahwa sudah waktunya untuk dilakukan penggantian. Jika hal ini dibiarkan, tali kipas bisa putus dan mengakibatkan masalah pada mesin, serta periksa juga ketegangan tali kipas. Jika dirasa ketegangan mulai berkurang atau kendor, segera ganti tali kipas tersebut.

    Pemeriksaan visual

    Pemeriksaan yang dapat dilakukan yaitu, memastikan klem, soket kabel tidak kedapatan yang lepas / kendor, memastikan tidak adanya kebocoran cairan disekitar mesin, dan tidak ada benda asing yang tertinggal di ruang mesin. Cek bahwa tutup pengisian oli, tutup minyak rem dan sebagainya telah terpasang dengan benar. Jika perlu, bersihkan debu yang menempel di atas mesin supaya terlihat bersih. Diakhir pengecekan pastikan tidak terdapat lap yang tertinggal di ruang mesin.

    Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai Tips Perawatan Mesin Mobil Agar Awet dan Selalu Prima yang dapat kami bahas kali ini. Pemeriksaan mesin ternyata cukup mudah kan? Tentunya juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Lakukan minimal satu atau dua minggu sekali. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :